24.3.21

Cara Refund Tunai Tiket Pesawat Lion Air Yang Dibeli Melalui Traveloka


Bagi kamu yang sudah terlanjur membeli tiket pesawat namun tidak bisa menggunakannya dikarenakan adanya pembatalan dari pihak maskapai mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan berkeinginan melakukan pengembalian dana (refund) dalam bentuk
uang tunai, berikut saya bagikan pengalaman keberhasilan refund tiket pesawat yang saya beli melalui travel agent (Traveloka).


LANGKAH PERTAMA

  • 1.      Buka akun Traveloka kamu
  • 2.      Buka e-tiket kamu




Melalui menu Pesanan, buka e-tiket penerbangan yang ingin kamu refund.

Ketuk Refund, lalu Ajukan Refund





Sebenarnya rute yang saya ajukan refund pada saat itu YOG-PLM (transit JKT) namun berhubung proses refund saya sudah selesai, maka riwayat refund di akun traveloka sudah tidak ada, jadi saya menggunakan gambar yang bersumber dari https://www.traveloka.com/id-id/refund


  • 3.      Pilih penerbangan yang ingin di refund




Pilih penerbangan yang ingin kamu refund, lalu pilih penumpang dan alasan refund kamu.


 



Berhubung waktu itu dalam situasi pandemi Covid-19, saya pilih alasan Force Majeure.

 


  • 4.      Lengkapi detail refund dan dokumen kamu.



Isi detail transfer dan unggah dokumen refund kamu

 





  • 5.      Kirim pengajuan refund.


Cek ulang detail refund kamu dan pastikan semua data sudah benar.

Lalu, ketuk Ajukan Refund





  • 6.     Lihat status refund kamu

Pantau status refund kamu melalui menu Refund Saya di Akun Saya.

 

Berhubung pada saat itu kebijakan dari pihak Lion Air refund diberikan dalam bentuk Voucher Travel bukan berupa uang tunai, maka dari pihak Traveloka mengembalikan dana ke saya dalam bentuk Voucher uang tunai.

 

Beberapa bulan kemudian, saya mendapatkan informasi bahwa pihak Lion Air mengubah kebijakannya, customer yang sudah memiliki voucher travel credit bisa ditukar dengan uang tunai.

 

Awalnya saya mencoba berkali-kali menghubungi pihak maskapai melalui Call Centre Lion Air, namun saluran tersebut selalu sibuk sehingga saya berinisiatif menghubungi melalu email.


Dan saya juga menghubungi pihak Traveloka melalui email.




Dan ini jawaban dari pihak Traveloka

 




Serta ini balasan dari Lion Air


 


LANGKAH KEDUA,

     

Isi formulir pada link dibawah ini:

https://www.lionair.co.id/kelola-pemesanan/pengajuan-pengembalian


SELESAI


Gimana, cukup mudah bukan?

Dan kamu tinggal menunggu paling lambat 90 hari kerja uang akan ditransfer ke rekening kamu. Biasanya 14 hari kerja sudah masuk ke rekening. Rajin-rajin cek mutasi rekening tabungan ya.

Bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini, saya dengan senang hati membantu.

 

Catatan:

  • Setiap maskapai memiliki kebijakan berbeda-beda dalam hal pengembalian dana (refund).
  • Informasi terkini mengenai prosedur refund dapat diperoleh melalui website maskapai tersebut.

 

 

 

20 komentar:

  1. Mohon izin bertanya Bu... Saya memesan 4 tiket pesawat namun 1 penumpang meminta me refund/ tiket dia ... Pertanyaan saya apakah tiket 3 org ini tdk bermasalah maksudnya tetap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak papa, Pak. Silahkan coba ajukan saja.

      Hapus
  2. Kak mau tanya nih. Sy kan pesan 3 tiket sekaligus dlm 1 pesanan, tp 1 tiket gajadi brgkt karena sakit. Nah kami lapor ke pihak bandara, dan pihak bandara reschedule ulang tiketnya. Nah tiketnya itu diundur 2 hari kemudian. Karena penumpang ini msh blm sehat jadi mau refund aja gitu kak. Sy td lgsg isi di website lion air pengajuan pengembalian kak dan cmn diblg "terima kasih permintaan anda sedang diproses". Nah itu udh diproses atau blm ya kak? Sy jg tlfn call center lion sibuk mulu.. mohon infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila refund diajukan konsumen sebelum tanggal keberangkatan, pengembalian bisa 100% dengan alasan Force Majeure. Selain alasan tersebut, ex Sakit, dll, biasanya ada potongannya.

      Hapus
    2. Dicapture saja notifikasi tersebut sebagai bukti kalau Bpk/Ibu sudah mengajukan refund sebelum tanggal keberangkatan.

      Untuk call centre Lion Air memang sulit sekali dihubungi apabila terkait refund krn permintaan refund overload sedangkan SDM nya terbatas.

      Hapus
  3. Maaf pak sya mau bertanya sya sudah memsan tiket ttpi maskapai membatalkan nya.. Dan sya ingin mengajukan pengembalian dana di situ tertera kalau yg membtalkan pihak maskapai 100% uang yg kita krim tidak berkurang.. Dan msalh nya saya waktu transfer melalui Atm mini atau Bri Link..dan apa bisa di kembalikan melalui rekening pribadi..bukan melalui atm mini atau Bri Link 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila pengembalian dana (refund) melalui transfer, memang diwajibkan menyertakan nomer rekening pemesan tiket dan nama harus sama dengan KTP.

      Hapus
  4. Hallo kak, mau tanya kalau aku udah pesen tiket lion + voucher PCR. Tiba² penerbangan dibatalkan oleh pihak maskapai. Itu nanti uang yg kembali 100% beserta nilai voucher PCRnya gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya uang tiket saja bu.

      Hapus
    2. Apa voucher PCR msh bs digunakan walaupun di refund tiketnya?

      Hapus
    3. Biasanya tidak bisa, bu

      Hapus
  5. Kak, apakah voucher dari refund itu bisa digunakan?

    BalasHapus
  6. Izin saya mau bertanya kak,tgl 19 november kemaren saya pesan tiket Batam-Pinangsori,transit medan,tapi medan-pinangsori gagal landing dan balik ke medan lagi,lalu pihak maskapai membatalkan penerbangan pada hari itu,dan menjadwalkan penerbangan pada esok harinya,dikarenakan saya buru buru saya memilih me refund tiket saya,yg me refund tiket (traveloka) adalah pihak maskapai menggunakan hp saya, karna kebetulan saya belum pernah pesan dan refund menggunakan apl tsb,tapi setelah dana cair yg di tf cuman 98.000,harga tiket 2.5 jt,sementara jika refund yg di potong hanya 10% dari harga tiket, saya ga percaya aja dana yg di tf segitu,tak sebanding dengan harga tiket,bahkan 200rb pun tak genap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkait jumlah refund, silahkan tanyakan ke pihak maskapai atau Traveloka ya.

      Hapus
  7. Hallo, saya pesan tiket tgl 1 feb karena sakit kita re schedule ke tgl 16 feb dengan tambahan uang 450rb per orang, nah ternyata anak saya ngak jadi kuliah luring tetapi daring...jadi saya coba telpon ke cost center sibuk terus...kami mau cancel...jadi caranya gimana? Di email kemana? Dan apakah uang bisa kembali 100persen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba anda email ke maskapai penerbangannya apabila anda melakukan pembelian langsung ke maskapai. Atau ke travel agent apabila anda beli ke travel agent.

      Hapus
  8. Saya mau brtnya . tiket saya di batalkan pihak maskapai..jadi saya refaund tiket melalui aplikasi tiket yg sya beli.kira kira estimasi pengembalian dana berapa hari ya . Krna pembatalan tiket yg lkukan maskapai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya dulu, sekitar 3 minggu.

      Hapus
  9. Maksud dari 14 hari kerja itu di Hitung dari Tanggal Pembatalan Tiket atau ???

    BalasHapus

Apabila ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Terbaru

SOP Mutasi dan Penghapusan Jabatan ASN Sesuai Aturan Terbaru

SOP Mutasi dan Penghapusan Jabatan ASN Sesuai Aturan Terbaru Mutasi dan penghapusan jabatan struktural merupakan bagian penting dalam manaje...